A. Periode Bayi (Usia 0-1 Tahun)
- Meniru suara yang didengarnya
- Merespon ketika diajak berkomunikasi
- Senang melihat gambar/objek
- Memegang buku dan membalikkan halamannya dengan bantuan
- Merespon cerita dan gambar dengan bersuara dan menunjuk gambar
B. Periode Toddler/Batita (Usia 1-3 Tahun)
- Menjawab pertanyaan sekaligus mengenali objek yang ada dari buku
- Menyebutkan satu-persatu nama anggota keluarga dengan benar
- Menunjuk dan menyebutkan nama benda secara tepat
- Menyukai buku seolah bisa membacanya
- Menyelesaikan kalimat dalam buku yang sudah dikenalnya
- Mencoret-coret di kertas
- Mengetahui nama buku dan mengenalinya dari sampul buku
- Membolak-balik halaman buku tanpa bantuan
- Memiliki buku favorit dan sering memintanya untuk sering dibacakan
C. Periode Awal Pra-Sekolah (Usia 3 Tahun)
- Mengeksplorasi buku-buku secara mandiri
- Mendengarkan cerita buku yang diperdengarkan padanya dengan keras
- Menceritakan kembali sejarah keluarga
- Mengucapkan alfabet dengan jelas dan benar
- Menyanyikan alfabet dengan lancar
- Menulis huruf alfabet
- Menirukan gambar yang ada di buku
D. Periode Akhir Pra-Sekolah (Usia 4 Tahun)
- Mengenali tanda atau tulisan yang sering dijumpai
- Mengeluarkan kata-kata yang lucu dan bernada sama di akhir kata (contoh main, lain)
- Mengenali dan menulis huruf dengan benar
- Menulis dan membaca nama mereka sendiri
- Mulai membunyikan huruf pertama dari sebuah kata
- Mampu mencocokkan beberapa huruf dan bunyinya
- Menggunakan beberapa huruf yang sudah dikenal untuk kemudian dirangkai menjadi kata
E. Periode Taman Kanak-kanak (Usia 5 Tahun)
- Memahami nada dan permainan nada
- Mencocokkan beberapa kata yang diucapkan dengan penulisannya
- Memahami aturan penulisan yang kebanyakan ditulis dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah
- Menuliskan beberapa kata dan sejumlah angka
- Mengenali beberapa kalimat yang sering didengar
- Menebak kisah selanjutnya dalam suatu cerita
- Mengungkapkan kembali cerita yang baru disampaikan kepada mereka
F. Periode Sekolah Dasar Tahun Pertama dan Kedua (Usia 6-7 Tahun)
- Mampu membaca beberapa cerita yang terkenal
- Mampu mengucapkan kata yang belum/baru dikenal
- Menggunakan gambar atau kata-kata untuk mengungkapkan kalimat yang baru dikenal
- Menggunakan beberapa tanda baca yang telah dikenal dan huruf kapital dalam tulisannya
- Mampu mengoreksi sendiri bila ada kesalahan dalam membaca buku
- Menunjukkan kemampuan menguasai buku lewat menggambar
G. Periode Sekolah Dasar Tahun Ketiga dan Keempat (Usia 7-8 Tahun)
- Membaca buku lebih lama tanpa bantuan
- Membaca buku dengan keras disertai mimik dan ekspresi
- Menggunakan bahasa dan gambar untuk mengungkapkan kalimat yang belum dikenal
- Memahami konsep paragraf dan mulai diterapkannya dalam menulis
- Menggunakan tanda baca dengan benar
- Mengucapkan kalimat sederhana dengan tepat
- Menuliskan catatan singkat seperti pesan dari telepon atau email
- Menikmati permainan kata
- Mengucapkan kalimat, frase, atau pembicaraan yang baru mereka dengar
- Memperbaiki kesalahan tulisan yang mereka tulis sendiri
H. Periode Sekolah Tingkat 4-8 (Usia 8-13 Tahun)
- Mengeksplorasi dan memahami berbagai jenis tulisan seperti bibliografi, puisi, dan cerita fiksi
- Mengeksplorasi dan memahami jenis tulisan bergaya narasi, persuasi dan eksposisi
- Membaca kemudian menarik kesimpulan dari sebuah bacaan, contoh buku pelajaran
- Mengidentifikasi jenis pidato dan gaya bahasa (seperti metafora)
- Mengidentifikasi secara tepat unsur penting dari suatu cerita seperti waktu, tempat, plot, permasalahan
- Membaca dan menulis sebuah cerita untuk kesenangan dan mengetahui gaya tulisan yang dibutuhkan
- Menganalisa tulisan sehingga dapat dipahami maksudnya/artinya
0 komentar:
Posting Komentar