bahasa

On Sabtu, 19 Juni 2010 0 komentar


A. Periode Bayi (Usia 0-1 Tahun)
  • Meniru suara yang didengarnya
  • Merespon ketika diajak berkomunikasi
  • Senang melihat gambar/objek
  • Memegang buku dan membalikkan halamannya dengan bantuan
  • Merespon cerita dan gambar dengan bersuara dan menunjuk gambar


B. Periode Toddler/Batita (Usia 1-3 Tahun)
  • Menjawab pertanyaan sekaligus mengenali objek yang ada dari buku
  • Menyebutkan satu-persatu nama anggota keluarga dengan benar
  • Menunjuk dan menyebutkan nama benda secara tepat
  • Menyukai buku seolah bisa membacanya
  • Menyelesaikan kalimat dalam buku yang sudah dikenalnya
  • Mencoret-coret di kertas
  • Mengetahui nama buku dan mengenalinya dari sampul buku
  • Membolak-balik halaman buku tanpa bantuan
  • Memiliki buku favorit dan sering memintanya untuk sering dibacakan
C. Periode Awal Pra-Sekolah (Usia 3 Tahun)
  • Mengeksplorasi buku-buku secara mandiri
  • Mendengarkan cerita buku yang diperdengarkan padanya dengan keras
  • Menceritakan kembali sejarah keluarga
  • Mengucapkan alfabet dengan jelas dan benar
  • Menyanyikan alfabet dengan lancar
  • Menulis huruf alfabet
  • Menirukan gambar yang ada di buku
D. Periode Akhir Pra-Sekolah (Usia 4 Tahun)
  • Mengenali tanda atau tulisan yang sering dijumpai
  • Mengeluarkan kata-kata yang lucu dan bernada sama di akhir kata (contoh main, lain)
  • Mengenali dan menulis huruf dengan benar
  • Menulis dan membaca nama mereka sendiri
  • Mulai membunyikan huruf pertama dari sebuah kata
  • Mampu mencocokkan beberapa huruf dan bunyinya
  • Menggunakan beberapa huruf yang sudah dikenal untuk kemudian dirangkai menjadi kata
E. Periode Taman Kanak-kanak (Usia 5 Tahun)
  • Memahami nada dan permainan nada
  • Mencocokkan beberapa kata yang diucapkan dengan penulisannya
  • Memahami aturan penulisan yang kebanyakan ditulis dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah
  • Menuliskan beberapa kata dan sejumlah angka
  • Mengenali beberapa kalimat yang sering didengar
  • Menebak kisah selanjutnya dalam suatu cerita
  • Mengungkapkan kembali cerita yang baru disampaikan kepada mereka
F. Periode Sekolah Dasar Tahun Pertama dan Kedua (Usia 6-7 Tahun)
  • Mampu membaca beberapa cerita yang terkenal
  • Mampu mengucapkan kata yang belum/baru dikenal
  • Menggunakan gambar atau kata-kata untuk mengungkapkan kalimat yang baru dikenal
  • Menggunakan beberapa tanda baca yang telah dikenal dan huruf kapital dalam tulisannya
  • Mampu mengoreksi sendiri bila ada kesalahan dalam membaca buku
  • Menunjukkan kemampuan menguasai buku lewat menggambar
G. Periode Sekolah Dasar Tahun Ketiga dan Keempat (Usia 7-8 Tahun)
  • Membaca buku lebih lama tanpa bantuan
  • Membaca buku dengan keras disertai mimik dan ekspresi
  • Menggunakan bahasa dan gambar untuk mengungkapkan kalimat yang belum dikenal
  • Memahami konsep paragraf dan mulai diterapkannya dalam menulis
  • Menggunakan tanda baca dengan benar
  • Mengucapkan kalimat sederhana dengan tepat
  • Menuliskan catatan singkat seperti pesan dari telepon atau email
  • Menikmati permainan kata
  • Mengucapkan kalimat, frase, atau pembicaraan yang baru mereka dengar
  • Memperbaiki kesalahan tulisan yang mereka tulis sendiri
H. Periode Sekolah Tingkat 4-8 (Usia 8-13 Tahun)
  • Mengeksplorasi dan memahami berbagai jenis tulisan seperti bibliografi, puisi, dan cerita fiksi
  • Mengeksplorasi dan memahami jenis tulisan bergaya narasi, persuasi dan eksposisi
  • Membaca kemudian menarik kesimpulan dari sebuah bacaan, contoh buku pelajaran
  • Mengidentifikasi jenis pidato dan gaya bahasa (seperti metafora)
  • Mengidentifikasi secara tepat unsur penting dari suatu cerita seperti waktu, tempat, plot, permasalahan
  • Membaca dan menulis sebuah cerita untuk kesenangan dan mengetahui gaya tulisan yang dibutuhkan
  • Menganalisa tulisan sehingga dapat dipahami maksudnya/artinya
Sumber : http://dokteranakku.com

    0 komentar: